Selamat Datang Di PT. Etnik Sugitama Ekakarsa, Mekanikal Dan Elektrikal, Engineering, Automation System, Furnace dan Heating System, Machine Maker, JIG and Tools PH: 0813-8080-9171, TERIMAKASIH

01 July 2019

Panel Capacitor Bank

Etnik Sugitama


Belakangan ini kita banyak mendengar tentang peralatan yang diklaim mampu menghemat listrik di rumah kita. Apakah memang benar demikian? Apa sebenarnya alat ini? Bagaimana cara kerjanya?
Listrik yang kita kenal umumnya kita dapatkan dalam bentuk AC (Alternating Current), atau arus bolak-balik. Pada listrik AC, kita mendapati fenomena yang disebut dengan Power Factor (pf) atau Faktor Daya, sering pula kita sebut dengan Cos Phi.
Faktor Daya ini menunjukkan adanya kesenjangan antara Daya Nampak, dan Daya Aktual.  Intinya, tidak semua daya yang dikeluarkan oleh Sumber Daya dapat digunakan untuk menyalakan beban (alat-alat listrik kita).
Di sisi lain, kita mengenal ada 3 macam beban atau peralatan listrik:
  • Beban Induktif, perangkat yang menggunakan prinsip elektromagnet, seperti Motor listrik, termasuk kipas angin, AC, Lemari Es, dan sebagainya.
  • Beban Kapasitif, perangkat yang menggunakan kapasitor
  • Beban Resistif, perangkat yang mengonversi listrik menjadi daya lain seperti pemanas dan lampu.
Beban resistif sama sekali tidak berpengaruh memunculkan hambatan ‘arus balik’ yang kita bicarakan di atas. Namun Beban Induktif dan Beban Kapasitif menimbulkan ‘arus balik’ yang menimbulkan ketidakefisienan daya, yang muncul dalam bilangan Power Factor tadi. Hanya saja, ‘arus balik’ kedua jenis beban ini saling berlawanan.
Nah, untuk menghemat listrik kita, kita perlu menaikkan Power Factor mendekati 1, di mana Daya Nampak sama dengan Daya Aktual terpakai. Karena kebanyakan beban listrik kita adalah beban Induktif, maka untuk memperbaiki Power Factor, kita bisa menambahkan Beban Kapasitif. Caranya: tambahkan kapasitor!
Jadi, alat penghemat listrik yang ditawarkan itu pada intinya adalah Capacitor Bank, rangkaian kapasitor, yang digunakan untuk mengimbangi beban-beban Induktif yang ada di rumah kita.
Dari sini ada beberapa kesimpulan yang bisa ditarik:
  1. Alat hemat listrik tersebut memang bisa bermanfaat jika banyak beban induktif di rumah kita.
  2. Untuk mendekati Pf = 1, sebenarnya besar Kapasitornya harus terhitung. Jika kita menambahkan terlalu banyak Kapasitor, Pf bisa turun lagi!
  3. Besar penghematan akan sangat terasa untuk jaringan yang besar, seperti pada pabrik yang memang banyak menggunakan motor listrik, namun untuk rumah dengan daya kecil kemungkinan penghematannya tidak akan terlalu terasa banyak.
Demikian sedikit tentang Capacitor Bank, dan alat penghemat listrik. Semoga bermanfaat..

PT. ETNIK SUGITAMA EKAKARSA
Mechanical Electrical, Automation and System
Panel Distribution, Feeder, Capacitor bank, ATS, AMF
Panel Automation Control, PLC, HMI, VSD, Monitoring System
Data Loging, Smart Control, Supplier and Services

Ph : 0813 8080 9171
email : yoto.esm@gmail.com

BEKASI